Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto saya
jakarta, jakarta, Indonesia
hi guys,hope you enjoy fisited my blog.

Pengikut

RSS


Gedung juang ku sayang,gedung juang ku malang.

Hai joni tejo,tau gak?kalo tambun punya banyak icon bersejarah lho.salah satunya gedung juang 45 tambun.gedung yang terletak di jalan sultan Hasanudin nomer 5 ini punya banyak cerita menarik lho1mau tahu?
. Bangunan berarsitektur neoklasik ini dibangun oleh tuan tanah Kow Tjing Kie pada tahun 1910. Gedung tinggi ini merupakan salah satu gedung bersejarah yang turut menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Bekasi saat revolusi fisik. Ketika itu daerah Tambun dan Cibarusah menjadi pusat kekuatan pasukan republik Indonesia (RI). Perlu diketahui bahwa pada saat revolusi kemerdekaan, garis demarkasi yang memisahkan daerah Republik Indonesia dengan daerah kekuasaan Belanda terletak didaerah Sasak Jarang, sekarang menjadi perbatasan antara kecamatan Bekasi Timur dengan Kecamatan Tambun dan merupakan perbatasan Kota Bekasi dengan Kabupaten Bekasi.
http://1.bp.blogspot.com/_m6QMiOT4Bso/S2JaAF18z4I/AAAAAAAAAfg/sF0X2t6_pDw/s320/gedungjuangtambun.jpg
[bekasiraya-laput.jpg]
Gedung juang sekarang
Sekarang gedung ini mulai tak terawat,karena sudah beberapa kali alih fungsi.pertama pada 1950 ,gedung ini menjadi markas tni ad,Juga pernah digunakan sebagai kantor Jawatan Pertanian dan jawatan-jawatan lainnya sampai akhir 1982,pada tahun 2002-2007 sempat menjadi perpustakaan umum tambun,lalu pernah menjadi tempat riset sejarah,dan sekarang menjadi tempat pemadam kebakaran yang sepertinya sudah tak ada denyut kehidupan.
Oh ya biar tua dan gak terawat,gedung ini pernah di expose loh untuk acara scary job nya trans 7 yah walau agak berlebihan sebenarnya gedung ini bukan angker tapi hanya kuramg di rawat .sekedar info ya,karena hampir tak terawatnya gedung ini,sekarang gedung juang banyak di huni mamalia bersayap alias kelelawar yang saat sore hari keluar dari gedung ini berburu makanan,dan bila malam tiba giliran burung walet yang menghuni atap gedung ini.nah sebagai generasi muda marilah kita jaga gedung ini,takut nya ada pihak yang membeli gedung ini dan di jadikan mall seperti situs situs di jakarta yang sekarang telah menjadi mall

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar